Hotline 0811-796-753
Informasi lebih lanjut?
  • NEWS UPDATEPerdana, KUH dan Masyariq Gelar Bimtek Korwil dan Maktab Bahas Mitigasi Masalah Haji
  • INFO KEMENAGKuota Indonesia Sudah Terpenuhi, Kemenag: Jangan Tertipu Tawaran Berangkat dengan Visa Non Haji
  • INFO HAJIKemenag Rilis Jadwal Pemberangkatan & Pemulangan Jemaah Haji, 22 Kloter Terbang 12 Mei
Home » Berita Haji » Melihat Prosesi Lempar Jumrah Jemaah Haji 2021

Mekkah: Jemaah haji melakukan proses melempar jumroh, ritual wajib yang merupakan rangkaian rukun haji setelah melaksanakan Wukuf di Arafah, Selasa, 20 Juli 2021.

Namun proses lempar jumroh kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Masih dalam suasana pandemi covid-19, jemaah haji yang melakukan lempar jumrah tetap dengan protokol kesehatan ketat, di antaranya menjaga jarak dan memakai masker.

Para jemaah haji masing-masing melemparkan tujuh batu ke pilar yang melambangkan setan, mengambilnya dari kantong tertutup yang disediakan oleh pihak berwenang.

“Sepanjang hidup saya, saya bermimpi pergi haji, dan saya masih tidak percaya bahwa mimpi itu telah menjadi kenyataan,” kata salah satu jemaah haji asal Suriah berusia 38 tahun Lina, sembari menggambarkannya sebagai hari paling bahagia dalam hidupnya

Baca juga:

Sebelumnya, sekelompok kecil jemaah haji berjalan melintasi Lembah Mina dekat Mekah di Arab Saudi barat untuk melempar jumrah, yang menunjukkan secara simbolik perlawanan dan permusuhan manusia dengan setan di Jamarat al-Aqaba.

Ritual lempar jumrah dalam beberapa tahun terakhir telah menyebabkan desak-desakan yang tidak jarang menimbulkan korban jiwa, karena jutaan peserta berkumpul di tempat yang sempit di waktu yang sama. Tetapi pada hari Selasa kerumunan jarang dan hanya ada sedikit penjagaan keamanan.

Pandemi telah untuk tahun kedua memaksa otoritas Saudi untuk secara dramatis mengurangi haji dan hanya 60.000 warga dan penduduk kerajaan yang divaksinasi penuh untuk berhaji tahun ini.

“Sejak awal, prioritas kami adalah keselamatan jemaah, dan untuk alasan ini kami memutuskan untuk membatasi jumlah mereka menjadi 60.000 untuk memastikan bahwa tindakan pencegahan ditegakkan dan semua orang aman,” kata Menteri Kesehatan Saudi Tawfiq Al Rabiah.

Menkes menambahkan bahwa sejauh ini tidak ada satu pun kasus virus korona yang terdeteksi di antara para jemaah haji.

Sumber: medcom.id

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Kemenag Siapkan Asrama Haji Bekasi Jadi Karantina Kepulangan Jemaah Umrah

Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) kini tengah menyiapkan Asrama Haji Bekasi menjadi karantina kepulangan jemaah umrah yang baru tiba di Tanah Air. Hal itu disampaikan Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Ditjen PHU Saiful Mujab saat meninjau Asrama Haji Bekasi. Selasa (18/01/2022). “Meninjau Kesiapan Asr... selengkapnya

Ditjen PHU Siapkan Digitalisasi Layanan Haji

Jakarta (PHU) — Ibadah haji tahun 1442H/2021M yang diselenggarakan pada masa pandemi menuntut pemerintah untuk mengambil langkah-langkah inovatif guna menyesuaikan diri dengan kebijakan digitalisasi di segala sektor yang sedang digalakkan oleh Pemerintah Arab Saudi, termasuk di sektor perhajian. Peluncuran Hajj Smart Card pada pelaksanaan ibadah haji t... selengkapnya

Patriawisata memberikan Reward Explore Turkiye kepada seluruh stafnya

Sebagai bentuk apresiasi serta kepedulian terhadap direksi dan staf atas kerja kerasnya selama ini, patriawisata memberikan reward berupa jalan-jalan ke Turki selama 10 hari. Berangkat pada tanggal 24 November 2022 dan akan kembali tgl 4 Desember 2022. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Direktur Utama PT. Saudi Patria Wisata, H. Faisal Ibrahim mengatakan ... selengkapnya

Kantor Pusat

PT. SAUDI PATRIA WISATA
Jl. AR. Prawira Negara No.15 Kauman

Kota Metro Lampung, Indonesia.
E-mail : saudi_patriawisata@yahoo.co.id

 

Live Chat
Online Senin-Sabtu (08:00 – 16:00) WIB

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.